Dokumen pribadi KH. M. Cholil Nafis., Lc., Ph.D

CHOLILNAFIS.TV, Jakarta - Malam minggu 30/9/17 saya memenuhi undangan acara Lailatu Ijtima' Pengurus Cabang NU Karawang. Acaranya meriah dihadiri oleh hampir seribu jemaah. Acara di gelar di halaman Masjid. Namun seusai istighatsah dan sedang acara sambutan, hujan turun deras. Maka terpaksa acara dipindahkan ke dalam masjid.

Temanya menarik, yaitu tentang semangat hijrah membela NKRI dan dasar negara Pancasila. Ternyata tema nasionalisme tak pernah usang di kalangan warga nahdliyin. Bahasa mereka, NKRI adalah harga mati. seraya saya menyampaikan, baiknya NKRI itu harga hidup.

Mengapa? Sebab kalau mati tak perlu harga, tak perlu perjuangan dan tak perlu berani. Semua orang lama-lama juga akhirnya akan mati. Hal yang sulit adalah pasukan berani hidup, karena jasa-jasanya ia selalu hidup dalam memberi manfaat kepada umat. maka hal seperti ini selalu butuh perjuangan.

Seperti Kiai Hasyim Asy'ari tak akan pernah wafat selama masih ada pengikut NU karena selalu disebut dan dikenangnya. Demikian juga Imam Syafi'i yang hanya hidup 54 (150-204 H) tak pernah lenyap namanya selama masih yang mengkuti mazhabnya. Ia hidup selamanya.

Jasa yang selalu hidup dari para pahlawan kemerdekaan adalah warisan NKRI berdasarkan Pancasila. Jeriyahnya ialah pilihan sistem negara yang menempatkan agama dan negara bagaikan saudara kembar bahkan bagai dua sisi mata uang. keduanya tak bisa dipisahkan karena saling menyempurnakan. Agama memberi nilai keadaban sedangkan negara untuk menciptakan keteraturan.

Foto bersama Pengurus Seusai acara 

Sebenarnya negara ini sudah mengikuti sunnah Nabi Muhammad saw. sebagaimana termaktub dalam shahifah madinah (piagam Madinah), Bahwa warga negara Indonesia berkometmen untuk bersama dalam kebhinnekaan. Sebagaimana Rasulullah saw. membentuk negara Madinah.

Indonesia yang berdasarkan Pancasila adalam negara yang islami. Sebab menurut Al Mawardi dalam kitab Al-Ahkam Al-Sulthaniyah menyatakan, negara Islami itu manakala kepemimpinannya mengemban misi kenabian yang berdiri untuk memelihara keutuhan beragama dan menciptakan keteraturan di dunia. (al imamatu maudhu'atun likhilafatin nubuwah fi hirasatiddin wa siasatiddunya).

Negara Indonesia berdasarkan Pancasila adalah harga hidup dan harga mati. Artinya, selama masih berdiri negara Indonesia harus berdasarkan Pancasila demi keutuhan NKRI dan kita siap memperjuangkannya sampai detak jantung menjemput kematian.

Unduh Buku Gratis

Buku pilihan yang dapat diunduh bulan ini ialah Dampak Bahasa Dari Perbedaan Para Mujtahid

Unduh Disini

No Images

Investasi Sedekah

Buat pengunjung yang bermurah hati untuk bersedekah dan menyumbang untuk dakwah dan pembangunan pesantren Darul Qur'an Cendekia Amanah

Selengkapnya...

Galeri Video

Berisi kumpulan video menarik dari Ust Cholil Nafis yang merekam berbagai topik-topik terhangat yang dapat menjadi teladan dan bimbingan buat semua

Selengkapnya...

Galeri Gambar

Berisi kumpulan gambar menarik dan meme dari Ust Cholil Nafis yang dapat menjadi teladan dan bimbingan buat semua

Selengkapnya...

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com