(Gambar ini diambil dari: http://bit.ly/2bKYocn)

Pertanyaan :

Maaf ustadz, saya sedikit tahu  tata bahasa  arab dan kalau saya perhatikan dalam Al-Qur’an setiap menyebutkan  asma dan sifat  Allah selalu menggunakan dlomir mudzakkar “huwa” (kata ganti laki-laki) seperti dlomir ‘huwa’ dalam surat al-Ikhlas ( qul huwa Allahu ahad), yang menjadi pemikiran saya kalau begitu berarti Allah itu berjenis kelamin laki-laki. Mohon penjelasannya ustadadz atas kebingungan saya ini. Atas jawabannya saya haturkan terima kasih.

Mohammad Rusydi

Siswa LPBA Surabaya

 

 Jawaban :

Akhi Muhammad Rusydi yang saya cintai, Allah itu Dzat Yang Maha Agung Maha Mulia yang wajib disembah oleh hambanya dan tidak sama dengan makhluk ciptaanya, “ Tidak ada sesuatu yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang  Maha Mendengar lagi  Maha Melihat.” (Q.S. al-Syuura : 11)

            Allah SWT tidak seperti manusia dan Allah tidak berjenis kelamin  laki atau perempuan. Kalau Allah sama dengan ciptaanya berarti Allah itu hadits (baru) kalau Allah itu baru berarti akan bisa berakhir dan binasa, padahal Allah itu wujud (ada), qidam (tanpa awal) baqo’ (kekal tanpa akhir) mukholafatullilhawaditsi (berbeda dengan yang baru) dan seterusnya sesua sifat yang wajib kepada Allah SWT.

Akhi Muhammad Rusydi, adapun di Al-Qur’an di antaranya dalam surat al-Ikhlas (qul “huwa” Allahu ahad) dan setiap menyebut asma ‘Allah’ menggunakan dlomir mudzakkar ( kata ganti laki-laki) itu karena lafadz ‘Allah’ itu menurut tata bahsa arab termasuk lafadz mudzakkar. Andaikan lafdzul Jalalah itu menggunakan kalimat ‘ilahatun’ niscaya memakai kata ganti mu’annats (perempuan), karena lafadz ‘ilahatun’ itu termasuk jenis lafadz mu’annats. Jadi  dlomir huwa dalam Al-Qur’an itu kembali kepada lafadz yang agung Allah sebagai kalimat yang tertulis dalam bahsa arab, dan  bukan kepada dzat Allah sebagi Tuhan yang wajib disembah. Wallahu a’alam bisshowab.

Unduh Buku Gratis

Buku pilihan yang dapat diunduh bulan ini ialah Dampak Bahasa Dari Perbedaan Para Mujtahid

Unduh Disini

No Images

Investasi Sedekah

Buat pengunjung yang bermurah hati untuk bersedekah dan menyumbang untuk dakwah dan pembangunan pesantren Darul Qur'an Cendekia Amanah

Selengkapnya...

Galeri Video

Berisi kumpulan video menarik dari Ust Cholil Nafis yang merekam berbagai topik-topik terhangat yang dapat menjadi teladan dan bimbingan buat semua

Selengkapnya...

Galeri Gambar

Berisi kumpulan gambar menarik dan meme dari Ust Cholil Nafis yang dapat menjadi teladan dan bimbingan buat semua

Selengkapnya...

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com